Pengobatan Alternatif -Tanaman Herbal-Peluang Bisnis-Tips dan Triks

Tempat berbagi informasi penting Herbal,Pengobatan Alternatif dan tips trik

Mencegah flek hitam di wajah

Tinggalkan komentar

3 Cara Menepis Flek Hitam di Wajah

Pemilihan kosmetik yang tepat membantu mengurangi munculnya flek hitam.

Aktivitas di luar ruangan bisa menjadi musuh bagi kulit. Tanda-tanda premature skin aging seperti kulit kering, kusam, bersisik, garis-garis halus pada wajah, dan flek hitam akan semakin cepat muncul.

“Kalau tidak dirawat, tumor jinak hingga ganas bisa muncul pada kulit yang secara terus-menerus terpapar sinar matahari,” ujar Dr Abraham Arimuko, Dermato-Venerologist.

Secara alami, munculnya flek hitam pada kulit merupakan mekanisme kulit untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Semakin sering terkena sinar matahari, flek hitam atau hiperpigmentasi akan lebih banyak dan lebih gelap. Selain sinar UV, munculnya flek hitam dipengaruhi beberapa faktor seperti hormon, genetik, dan kosmetik.

“Semua orang memiliki kecenderungan flek hitam meskipun mereka memiliki kulit yang tampak baik. Tapi, wanita memang lebih cenderung memiliki flek hitam dibandingkan pria,” ujarnya.

Produksi pigmen oleh sel melanosit juga sangat dipengaruhi hormon estrogen dan progesteron yang dimiliki wanita. Ketidakseimbangan hormon yang kerap terjadi pada wanita saat kehamilan dan konsumsi pil kontrasepsi dengan sendirinya meningkatkan produksi pigmen kulit.

Tak hanya itu, wanita lebih sering menggunakan kosmetik dibandingkan pria. “Seringnya mencoba-coba kosmetik yang tidak cocok dengan kulit, dan kebiasaan meninggalkan wajah penuh dengan make up saat tidur dapat membuat kulit stres dan terjadi peradangan yang menstimulasi melanosit untuk memproduksi pigmen lebih banyak.”

Hiperpigmentasi memang merupakan mekanisme proteksi tubuh. Tapi, secara estetika, flek hitam pada wajah bisa mengganggu penampilan.

“Menghilangkannya tidak berarti mengurangi fungsi proteksi kulit, nah untuk mengurangi bintik-bintik hitam Anda harus melakukan perawatan kulit dengan rajin menggunakan sunblock. Fungsi pigmen ini akan disubtitusi dengan sunblock.”

Dan, untuk mencegah munculnya flek hitam, perhatikan kulit dengan cara berikut:

1. Minimalisir efek UV

“Sebisa mungkin hindari sinar matahari pada pukul 09.00 – 15.00,” ujarnya. Tapi, kalau Anda terpaksa harus keluar ruangan, gunakan tabir surya yang mengandung SPF30. Ingat, jangan sepelekan udara dingin diruangan. Anda tetap harus menggunakan tabir surya meski dengan kadar yang lebih rendah dari SPF30.

2. Pilih kosmetik yang tepat
Pilih kosmetik yang sesuai dengan kulit. Tak hanya dapat menyamarkan flek hitam tetapi juga merawat dan memberikan proteksi pada kulit. Penelitian terbaru menunjukkan khasiat daun shiso yang lazim disajikan pada masakan Jepang ini untuk kecantikan. Kandungan di dalamnya, berupa vitamin A dan C, serta anti peradangan dapat membatasi terjadinya hiperpigmentasi.

Body Shop Moisture White Shiso misalnya, produk ini mengkombinasikan khasiat daun dengan vitamin C, akar manis (liquorice), lidah buaya organik, dan soya oil. Produk ini mengklaim dapat mencegah dan menyamarkan flek hitam, mencerahkan, melindungi, dan melembabkan kulit.

3. Makanan antioksidan
Kulit adalah salah satu fitur tubuh yang paling cepat memperlihatkan kondisi kecantikan. Karenanya, agar kulit bebas dari flek hitam dan bersinar, konsumsi makanan yang mengandung antioksidan yang bekerja secara universal untuk mencegah kerusakan
http://kosmo.vivanews.com/news/read/307964-3-cara-menepis-flek-hitam-di-wajah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s