Pengobatan Alternatif -Tanaman Herbal-Peluang Bisnis-Tips dan Triks

Tempat berbagi informasi penting Herbal,Pengobatan Alternatif dan tips trik

Marxisme masih tetap mengancam, dan bisa bangkit lagi.

Tinggalkan komentar

Miriam: MARXISME TETAP MENGANCAM

Marxisme masih tetap mengancam, dan bisa bangkit lagi. Peringatan ini diberikan Prof Dr Miriam Budiarjo, tokoh akademisi dan Komnas HAM. ”Selama masih ada kemiskinan dan ketidakadilan, bisa saja PKI bangkit, pemikiran-pemikiran marxisme itu bisa subur,” ujar Miriam di Jakarta, Selasa (11/4). Menurut Miriam, secara sistem memang marxisme atau komunisme itu sudah tidak laku lagi. Tetapi, sebagai bahaya laten dia tetap harus diwaspadai.

Guru Besar Ilmu Politik UI itu, menyebutkan, di Kuba sebagai pemikiran komunisme tetap ada. ”Anak-anak muda yang tertarik, terutama pada masyarakat yang begitu miskin,” ujarnya.

Komunis bisa bangkit dalam situasi kemiskinan seperti itu. Sebab itu, kata Miriam, kalau sekarang ada semacam semangat militan untuk tetap mempertahankan Tap MPRS XXV/1966 tentang larangan komunisme, leninisme dan marxisme itu dihapus, itu layak dan masuk akal. ”Sekurang-kurangnya layak pada saat ini, karena kemiskinan di Indonesia kini sangat berat, lebih berat dari pertengahan Orba dulu,” katanya.

Miriam lantas merujuk pada Konvensi Political and Civil Rights dalam Pasal 18 dan 19 (konvensi PBB), yang menyatakan, boleh ada pembatasan bagi sebuah negara terhadap freedom of expression dan lain-lain. Misalnya, dengan alasan ketertiban umum, akhlak umum, kesehatan umum dan lain-lain. Memang pada umumnya, lanjut Miriam, pelaksanaan semua HAM itu disesuaikan dengan instrumen- instrumen yang ada pada HAM PBB. ”Akan tetapi itu perlu diberi waktu,” ujarnya. (Sumber: Jawa Pos, Rabu, 12 April 2000).

.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s